Yayasan Pesat Nabire Jalin Kerjasama dengan TK Iluguma - Pogapa - Distrik Homeyo - Kab. Intan Jaya Kembangkan Akses Layanan Pendidikan bagi anak-anak di Pedalaman Papua.

Bertempat di Kantor Yayasan Pesat Nabire, Jl. Ch Martha Tiahahu – Kalibobo dilakukan pertemuan sekaligus penandatanganan MOU Kerjasama antara Yayasan Pesat Nabire dengan Pengurus sekaligus Pengelola TK Iluguma – Pogapa – Intan Jaya dalam bentuk Kerjasama pengembangan Sumber Daya Manusia dan Tata Kelola Pendidikan untuk anak-anak di Pedalaman Papua – Kabupaten Intan Jaya – Papua.

Yayasan Pesat Nabire Jalin Kerjasama dengan TK Iluguma - Pogapa - Distrik Homeyo - Kab. Intan Jaya Kembangkan Akses Layanan Pendidikan bagi anak-anak di Pedalaman Papua.
Pengurus Yayasan Pesat Nabire bersama Pendiri TK Iluguma - Pogapa di kantor Yayasan Pesat Nabire setelah penandatangan MOU Kerjasama, Selasa 12 April 2022 (foto:Istimewa/Depdik_YPSN)

Nabire. Selasa, 12 April 2022 bertempat di Kantor Yayasan Pesat Nabire, Jl. Ch Martha Tiahahu – Kalibobo dilakukan penandatanganan MOU Kerjasama antara Yayasan Pesat Nabire dengan Pengurus sekaligus Pengelola TK Iluguma – Pogapa – Intan Jaya dalam bentuk Kerjasama pengembangan Sumber Daya Manusia dan Tata Kelola Pendidikan untuk anak-anak di Pedalaman Papua – Kabupaten Intan Jaya – Papua.

Penandatangan MOU Kerjasama antara Yayasan Pesat Nabire dengan TK Iluguma - Pogapa - Distrik Homeyo - Kabupaten Intan Jaya, bertempat di Kantor Yayasan Pesat Nabire, disaksikan oleh Kepala Distrik Homeyo - Kabupaten Intan Jaya, Selasa 12 April 2022. (Foto:Istimewa/Depdik_YPSN)

Penandatanganan MOU Kerjasama tersebut di hadiri oleh Ketua Yayasan Pesat Nabire Eliezer Edo Odo, Sekretaris Yayasan Pesat Nabire, Benediktus J Widya Darmaka, Ibu Lucy Louise Alexander selaku Dewan Pembina Yayasan Pesat Nabire, dan Ketua Departemen Pendidikan Yayasan Pesat Nabire, Eddie Sutopo,S.Th beserta segenap Tim Departemen Pendidikan Yayasan Pesat Nabire. Sedangkan dari TK Iluguma – Pogapa hadir John Cutts selaku perintis sekaligus pendiri TK Iluguma – Pogapa, beserta Kepala Distrik Homeyo, Harun Holombau.

Kepada meepago.com John Cutts menyampaikan maksud dan tujuan kerjasama ini adalah untuk memberikan akses layanan Pendidikan bagi anak-anak di pedalaman Papua, khususnya di Pogapa – Distrik Homeyo – Kabupaten Intan Jaya. Dengan Kerjasama dengan Yayasan Pesat Nabire ini diharapkan layanan Pendidikan yang telah di rintis dan dijalankan melalui TK Iluguma – Pogapa tersebut dapat semakin ditingkatkan baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

Ketua Yayasan Pesat Nabire, Eliezer Edo odo berjabat tangan dengan Jhon Cutts selaku pendiri TK Iluguma - Pogapa - Distrik Homeyo - Kabupaten Intan Jaya selepas penandatanganan MOU Kerjasama, Selasa 12 April 2022. (Foto: Istimewa/Depdik_YPSN)

Kepala DIstrik Homeyo, Harun Holombau kepada meepago.com menyampaikan : "Selama ini yang menjadi pergumulan masyarakat di Distrik Homeyo adalah sangat terbatasnya akses layanan Pendidikan bagi anak-anak dan masyarakat, termasuk juga akses layanan Kesehatan. Padahal akses Pendidikan dan Kesehatan ini adalah kebutuhan yang sangat mendasar bagi masyarakat baik di Pogapa Distrik Homeyo mapun masyarakat Papua secara keseluruhan. Dengan adanya Kerjasama antara Yayasan Pesat Nabire dengan TK Iluguma – Pogapa ini diharapkan ada secercah harapan bagi masyarakat Pogapa Distrik Homeyo akan ketersediaan layanan Pendidikan bagi anak-anak dan masyarakat".

Pengurus Yayasan Pesat Nabire bersama dengan Pendiri TK Iluguma - Pogapa - Distrik Homeyo beserta Kepala Distrik Homeyo - Kabupaten Intan Jaya, selepas penandatanganan MOU Kerjasama, Selasa 12 April 2022. (Foto: Istimewa/Depdik_YPSN)

Di tempat yang sama, Ketua Yayasan Pesat Nabire, Eliezer Edo Odo kepada meepago,com menyampaikan bahwa relasi dan Kerjasama  antara Yayasan Pesat Nabire dengan Jhon Cutts sebenarnya sudah berjalan lama terkait pelayanan Pendidikan bagi anak-anak Papua di Pedalaman. Oleh karena itu maka Yayasan Pesat Nabire sangat menyambut baik Kerjasama dengan TK Iluguma – Pogapa dengan demikian maka akses layanan Pendidikan yang menjadi ujung tombak pengembangan sumber daya manusia di Papua dapat dilakukan secara lebih intensif.

Ketua Departemen Pendidikan Yayasan Pesat Nabire, Eddie Sutopo,S.Th kepada meepago.com menyampaikan bahwa dengan adanya Kerjasama ini maka kedepan akan dilakukan pembinaan baik dari sisi sumber daya manusia, tata Kelola Pendidikan di TK Iluguma – Pogapa sehingga kualitas dan kuantitas sekaligus jaminan keberlangsungan layanan Pendidikan bagi anak-anak di Pogapa – Distrik Homeyo – Kabupaten Intan Jaya dapat berjalan dengan baik sesuai Visi dan Misi Yayasan Pesat Nabire dan TK Iluguma – Pogapa. (meepago.com/dwnoeg).