Yayasan Pesat Nabire & Dinkes Kab. Nabire Gelar Pengobatan Gratis

Yayasan Pesat Nabire bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Nabire, gelar pengobatan gratis untuk masyarakat.

Yayasan Pesat Nabire & Dinkes Kab. Nabire Gelar Pengobatan Gratis
Pelayanan Pengobatan Gratis Bagi Masyarakat oleh Yayasan Pesat Nabire bekerjasama dengan Dinkes Kab.Nabire, Kamis, 24/03/2022 (Foto :meepago.com/ChWawoh

Nabire, Yayasan PESAT Nabire bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Nabire menggelar kegiatan Pengobatan Gratis bertempat di Aula SMP-SMA Kristen Anak Panah Nabire, Kamis 24 Maret 2022 dimulai kurang lebih pada pukul 16.00 WIT sampai 19.00 WIT. 

Kegiatan yang diperuntukan bagi anggota Komunitas Yayasan PESAT Nabire serta warga Kalibobo dan sekitarnya ini, dilayani oleh satu Dokter Umum  dr. Junaidi Surya Lesmana (dari Yayasan PESAT Indonesia, Salatiga), Dokter Spesialis Anak, dr. Bless M. Ch. Kilis, SpA; Dokter Spesialis Kebidanan dan Penyakit Kandungan dr. Angelita Kandio, SpOG. Turut hadir memberikan layanan Tim dari Dinas Kesehatan Kab. Nabire diantaranya Yeni Derek, S.T., M.Kes dari Pengelola Program Malaria. 

Menurut Yeni Derek dari sejumlah pasien anak yang diperiksa terdapat 2 orang yang positif Malaria Tersiana. "Ada dua anak berusia 7 tahun yang terkonfirmasi positif". Dari informasi yang kami himpun di pos pemeriksaan anak, kedua anak tersebut sudah diberikan obat dan vitamin.

Kepada awak Meepago.Com, Benny Darmaka selaku Sekretaris Yayasan PESAT Nabire ketika ditemui dilokasi menuturkan pelaksanaan kegiatan ini awalnya hanya akan dilayani oleh dokter Junaidi dari Yayasan PESAT Indonesia - Salatiga dalam kunjungannya ke Yayasan PESAT Nabire. "Pengobatan Gratis ini awalnya direncanakan dilayani oleh dokter Jun saja, beliau memang sudah membawa 1 dos obat-obatan. Namun dari pihak Yayasan PESAT mencoba menyampaikan rencana kegiatan ini kepada pihak Dinas Kesehatan Nabire dan puji Tuhan mendapat respon yang positif sehingga ada dua dokter spesialis yang ikut bergabung yaitu dokter Bless dan dokter Angel". 

"Kami mengucapkan banyak terima kasih untuk semua dokter yang sudah memberikan pelayanan hari ini. Juga kepada Dinas Kesehatan Nabire yang sudah mengirimkan sejumlah tenaga medis serta sejumlah obat-obatan dalam mendukung pelaksanaan kegiatan ini.', lanjut Benny. 

Diakhir kegiatan pemeriksaan dr. Angelita menuturkan pelayanannya. "Ada 7 pasien hari ini,  1 orang ibu memeriksakan kandungannya yang berusia 4 bulan dan ada 6 orang lainnya berkonsultasi masalah hormonal diantaranya karena haid yang tidak teratur", ujar dokter Angel. 

Sedangkan menurut dokter Jun yang menangani sebagian besar pasien dewasa membenarkan adanya pasien yang hasil pemeriksaannya tidak normal, "Ada pasien yang asam uratnya tinggi, ada yang kolesterol tinggi dan gula darah tinggi, semuanya bervariasi". Menurutnya agar tubuh tetap sehat maka pola makan harus dikontrol dengan menghindari  mengkonsumsi makanan yang memicu asam urat, kolesterol atau gula darah. 

Sebelum kegiatan berakhir, Fenny Tobing, salah satu pegawai Dinas Kesehatan yang juga bertindak selaku Koordinator Kegiatan ketika diwawancarai menyampaikan kepada Meepago.Com. "Total ada 134 orang yang melakukan pemeriksaan hari ini. 88 orang dewasa dan 46 anak-anak" (meepago.com/ChWawoh)