Yayasan Pesat Nabire adakan Seminar Nutrisi Otak

Yayasan Pesat Nabire melalui Departemen Pendidikan mengadakan Seminar Nutrisi Otak, Senin 21 Maret sd Jumat 25 Maret 2022 di lingkungan persekolahan Yayasan Pesat Nabire. Mulai dari SD Kristen Agape, SMP,SMA,SMK Kristen Anak Panah dan TK Kristen Agape serta TK Kristen Shekina Glory.

Yayasan Pesat Nabire adakan Seminar Nutrisi Otak
Yayasan Pesat Nabire melalui Departemen Pendidikan mengadakan Seminar Nutrisi Otak, Senin 21 Maret sd Jumat 25 Maret 2022. (foto:DepdikYPN/Galuh)

Nabire. Senin 21 Maret sd Jumat 25 Maret 2022, Yayasan Pesat Nabire melalui Departemen Pendidikan mengadakan seminar “NUTRISI OTAK’ di Persekolahan Yayasan Pesat Nabire. Mulai dari SD Kristen Agape, SMP,SMA,SMK Kristen Anak Panah dan di TK Kristen Agape serta TK Kristen Shekina Glory. Seminar tersebut di ikuti oleh orang tua siswa, Para Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan di lingkungan Persekolahan Yayasan Pesat Nabire serta para stake holder. 

“Makanan untuk mencetak generasi muda yang unggul”, kalimat ini menjadi pembuka dalam Seminar Nutrisi Otak yang dibawakan oleh dr. Junaidi Surya Lesmana pada Senin, 21 Maret 2022 pukul 18.00 – 20.30 WIT bertempat di Aula SMP-SMA Kristen Anak Panah Nabire.

dr. Junaidi Surya Lesmana menjelaskan pentingnya nutrisi otak bagi anak, pada Seminar Nutrisi Otak yang diselenggarakan Yayasan Pesat Nabire, Senin 21 Maret 2022.

dr. Junaidi Surya Lesmana menjelaskan pentingnya nutrisi otak bagi anak, pada Seminar Nutrisi Otak yang diselenggarakan Yayasan Pesat Nabire, Senin 21 Maret 2022.

Dokter jebolan Universitas Indonesia (UI) tahun 1987 yang sudah memiliki segudang  pengalaman dalam bidang kesehatan ini. mengharapkan lahirnya generasi muda Indonesia yang sehat rohani dan jasmani, unggul dan sukses. Kepada para peserta seminar dr. Jun, demikian panggilan akrabnya, mengatakan bahwa untuk mencapai tujuan tersebut membutuhkan nutrisi yang unggul dan tidak harus yang mahal. “Makan itu bukan hanya untuk dapat tenaga, bukan hanya untuk kenyang, bukan hanya untuk pertumbuhan tinggi badan tetapi makanan untuk nutrisi. Nutrisi ini sangat diperlukan bagi ibu hamil, anak balita terlebih khusus dalam 5 tahun pertama untuk pertumbuhan otak”.

Jika seseorang nutrisi otaknya kurang maka orang tersebut mudah diprovokasi, tidak dapat membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Hal ini terlihat jelas adanya begitu banyak orang yang mudah dibohongin, dimanfaatkan oleh orang lain sehingga terlibat kegiatan anarkis termasuk perkelahian antar geng, demikian lanjutnya.

Nutrisi otak berhubungan erat dengan kecerdasan sehingga seseorang tidak mudah ditipu, tidak mudah percaya hoax, tidak mudah dihasut dan lebih mudah mengontrol emosi termasuk sebelum berbicara atau menulis pesan di media sosial.

Sembilan puluh persen perkembangan otak anak terjadi sebelum mereka mencapai usia 5 tahun. Anak-anak yang memiliki nutrisi otak yang baik akan lebih fokus dalam belajar dan memiliki tingkat keaktifan dalam belajar.

Menurut dokter lulusan bidang Obesity Management dari University of Sidney ini, ada beberapa nutrisi yang diperlukan oleh otak diantaranya 1. Lemak Esensial (Omega3, ikan laut dalam, telur kampung, telur bebek angon), 2. Vitamin dan Mineral (sayur hijau, polong-polongan dan buah), 3. Protein (ikan laut, susu, kacang-kacangan, tempe, buncis dan kacang panjang), 4. Glukosa Lepas Lambat (beras pecah kulit, ubi jalar, oatmeal non instan).

Orang Tua Siswa Mengikuti Seminar Nutrisi Otak di TK Shekina Glory, Jumat 25 Maret 2022

Orang Tua Siswa Mengikuti Seminar Nutrisi Otak di TK Shekina Glory, Jumat 25 Maret 2022

“Kita perlu memilih apa yang kita masukan ke dalam tubuh kita, tentu harus yang menyehatkan. Kita harus mencegah makanan berbahaya masuk ke dalam tubuh kita diantaranya gorengan-gorengan yang digoreng dengan minyak jelantah (minyak yang pemakaiannya lebih dari 2 kali), makanan yang menggunakan pewarna, perasa dan memiliki kadar gula tinggi, termasuk snack yang berbahan kimia”, tegas dokter yang juga mengantongi ijazah dari John Hopkins University tahun 2021.

Menurutnya, Kerja sel-sel otak akan terhambat bila seseorang rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung penyedap rasa, pengawet makanan, pemanis buatan, lemak trans serta mengkonsumsi alkohol dan miras. “Banyak kasus dikota maupun didesa, baik kaya ataupun miskin yang menderita Diabetes, Penyakit Jantung Koroner, Stroke dan Kanker. Hal ini disebabkan karena faktor makanan yang dikonsumsi tidak sehat. Bahkan tidak heran bila penyakit ini menyerang kalangan usia muda yang suka mengkonsumsi makanan moderen yang jelas tidak sehat namun secara progresif mengarah ke penyakit kronis”, lanjut dokter yang sejak 2012 sampai saat ini mengikuti Private Intensive Course bersama Prof. Julia Tan, PhD dengan penelitian dibidang Nutrition in Diabetes, Obesity & Allergy, Healty Food.

Pesan dokter Jun yang juga merupakan Tim Penggerak GMSAS (Gerakan Makan Sehat Anak Sekolah) buat para orang tua yang hadir dalam seminar ini, “Jangan hanya utamakan rangking/nilai disekolah! Utamakan juga rangking gizi dan makanan sehat anak, karena kita tidak bisa membalikan jarum jam! Kita harus selamatkan anak kita. Kita harus selamatkan masa depan anak kita”. Demikian pungkas dokter Jun dalam penutupan Seminar Nutrisi Otak di TK Shekina Glory Jumat, 25 Maret 2022. (meepago.com/ChWawoh)