SMK Kristen Anak Panah gelar Uji Kompetensi Kejuruan (UKK) Tahun 2022

SMK Kristen Anak Panah Nabire melaksanakan pembukaan Kegiatan Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK) Tahun 2022 untuk jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dan Multimedia (MM).

SMK Kristen Anak Panah gelar Uji Kompetensi Kejuruan (UKK) Tahun 2022
SMK Kristen Anak Panah Nabire melaksanakan Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK) Tahun 2022 untuk jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dan Multimedia (MM), 4 - 7 April 2022.(Foto:meepago.com/ChWawoh).

Nabire. Bertempat di Ruang Praktik Siswa (RPS) SMK Kristen Anak Panah Nabire dilaksanakan pembukaan Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK) Tahun 2022 untuk jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dan Multimedia (MM), Senin 04 April 2022.

Ketua Departemen Pendidikan Yayasan Pesat Nabire, Yohanes Eddie Sutopo, S.Th memberikan sambutan pada pembukaan kegiatan Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK) SMK Kristen Anak Panah - Nabire, Senin, 04 April 2022. (Foto:meepago.com/ChWawoh).

Dalam pantauan Meepago.com, tampak hadir dalam kegiatan ini Pengawas SMK Tingkat Provinsi Papua, Ir. Ruth Widianti, M.Pd., Ketua Departemen Pendidikan Yayasan PESAT Nabire, Yohanes Eddie Sutopo, S.Th., Kepala SMK Kristen Anak Panah, Jasmari, S.Th., M.Pd., Penguji Eksternal dari CV. Bina Anak Papua, Ester Ayuk Pusvita , M.Kom., Penguji Internal mewakili Sekolah, Chrestian Wawoh, S.Kom., M.T., panitia UKK dan sejumlah guru serta siswa siswi kelas XII.

Dalam sambutannya Kepala SMK Kristen Anak Panah, Jasmari, S.Th., M.Pd memberikan pengarahan pentingnya mengikuti UKK bagi setiap anak SMK, “UKK ini penting karena melalui uji kompetensi keahlian bagi yang kompten akan diberikan sertifikat. Sertifikat ini akan menjadi modal bila nanti selesai SMK dan mau bekerja”, ungkap Jasmari.

Siswa Kelas XII RPL peserta Ujian Kompetensi Kejuruan SMK Kristen Anak Panah - Nabire. (Foto:meepago.com/ChWawoh).

Menurut Yohanes Eddie Sutopo, S.Th keberhasilan anak-anak di generasi Z sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang saat ini menjadi dunia mereka. “Anak-anak kita yang ada di generasi Z ini membutuhkan perhatian khusus, beberapa ciri generasi ini diantaranya memiliki pengetahuan yang baik dalam bidang IT, lebih cepat mengenal hal baru, mereka memiliki dunia sendiri sehingga tidak heran kalo banyak anak-anak terikat dengan penggunaan gadget, suka menyendiri dan harus didorong untuk maju”, tutur Eddie Sutopo yang juga merupakan mantan pendidik di SMK Kristen Anak Panah Nabire. 

Sementara itu Ir. Ruth Widianti, M.Pd selaku Pengawas SMK Tingkat Provinsi Papua dalam sambutannya dan sekaligus membuka kegiatan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) di SMK Kristen Anak Panah menyatakan Peran Karakter bagi seorang lulusan SMK sangat diperlukan. Nilai karakter ini dapat dibentuk dari keluarga dan sekolah dimulai dari hal-hal kecil seperti mematikan lampu jika tidak digunakan, menutup keran air bila selesai dipakai, merapikan dan membersihkan benda-benda yang berserakan. “Ada seorang anak melamar pekerjaan. Ia bisa diterima lulus dalam sebuah tes penerimaan pekerjaan hanya karena dia terbiasa melakukan hal-hal kecil sebagai bagian dari pendidikan karakter yang diterimanya. Anak tersebut mengikuti setiap petunjuk yang ada didinding dan merespon baik dengan baik karakter sudah dibentuk dalam dirinya.  SMK Kristen Anak Panah adalah sekolah yang dibelakangnya ada salib, artinya pendidikan disekolah ini mampu menghadirkan karakter Kristus. Anak-anak dibentuk menjadi pribadi yang hebat sesuai nilai Kristiani.”, tegas Ruth Widianti yang juga merupakan Pengawas Pembina di SMK Kristen Anak Panah Nabire. 

Dalam harapannya Ruth Widianti meminta pihak sekolah untuk dapat memberikan tempat bagi karya anak-anak selama bersekolah. “Saya pernah ke salah satu SMK di Kudus dan disana mereka memiliki sebuah ruangan yang diperuntukkan bagi karya-karya peserta didik disana. Saya ikut menonton karya mereka dan wow sungguh itu merupakan hal yangs sangat menarik. Semoga SMK Kristen Anak Panah juga ke depan bisa seperti itu.”

Ester Ayuk Pusvita, M.Kom dalam sambutannya menyambut baik dan mengapresiasi pelaksanaan UKK, “Kami dari pihak DUDI sangat mendukung pelaksanaan UKK ini. Harapan kami anak-anak bisa menyelesaikan dengan baik rangkaian kegiatan ini dan memperoleh hasil yang terbaik”. ujar Ester yang juga Dosen di STMIK PESAT Nabire.

Siswa Kelas XII MM Peserta Ujian Kompetensi Kejuruan SMK Kristen Anak Panah Nabire. (Foto:meepago.com/ChWawoh).

Menurut sekretaris Panitia UKK tahun 2022, Erik Oktavianus Allo, S.Pd.Kom., Kegiatan Pembukaan diikuti 30 peserta. “Ada 30 orang dimana 15 orang peserta dari jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dan 15 orang peserta dari jurusan Multimedia (MM). Pelasanaan UKK untuk RPL dimulai hari ini Senin-Selasa 4-5 April dan untuk jurusan MM dimulai hari Rabu-Kamis 6-7 April 2022”, ungkap Erik. 

Berdasarkan pengamatan Meepago.com, pelaksanaan Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK) Di SMK Kristen Anak Panah tersebut berjalan dengan baik dan lancar.(meepago.com/ChWawoh)