Pembukaan Uji Kompetensi Keahlian (UKK), Lomba Kompetensi Siswa (LKS), Lomba Debat Bahasa Inggris, dan Lomba Debat Bahasa Indonesia

Dinas Pendidikan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi (DPPAD) Provinsi Papua, SMK WILAYAH ADAT MEEPAGO A, mengelar kegiatan Pembukaan Uji Kompetensi Keahlian (UKK), Lomba Kompetensi Siswa (LKS), Lomba Debat Bahasa Inggris, dan Lomba Debat Bahasa Indonesia bertempat di Aula SMK Negeri 1 Nabire, Jumat, 1 April 2022 pukul 09.30 WIT.

Pembukaan Uji Kompetensi Keahlian (UKK), Lomba Kompetensi Siswa (LKS), Lomba Debat Bahasa Inggris, dan Lomba Debat Bahasa Indonesia
Dinas Pendidikan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi (DPPAD) Provinsi Papua, SMK WILAYAH ADAT MEEPAGO A, gelar UKK di aula SMK Negeri I - Nabire, Jumat 01 April 2022. (foto:meepago.com/ChWawoh)

Nabire. Dinas Pendidikan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi (DPPAD) Provinsi Papua, SMK WILAYAH ADAT MEEPAGO A, mengelar kegiatan Pembukaan Uji Kompetensi Keahlian (UKK), Lomba Kompetensi Siswa (LKS), Lomba Debat Bahasa Inggris, dan Lomba Debat Bahasa Indonesia bertempat di Aula SMK Negeri 1 Nabire, Jumat, 1 April 2022 pukul 09.30 WIT.

Turut hadir Kepala Dinas Pendidikan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua di wakili oleh Pengawas SMK Tingkat Provinsi Papua Drs. Nyoman Dana dan Ir. Ruth M.A Widianti, M.Pd, Ketua MKKS Wilayah Adat Meepago A Drs. Yustus Paisey, M.M, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Nabire, Agustinus Norton Karubuy, S.IP, M.Si, Kepala-kepala SMK se-kabupaten Nabire dan ketua-ketua program studi, guru pendamping dan peserta lomba. 

Tarian Tumbelo ditampilkan oleh Siswa SMK Negeri I - Nabire. (Foto:meepago.com/ChWawoh)

Acara diawali dengan doa dibawakan oleh ibu guru Aneka Asyerem, S.Pd dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan 'Indonesia Raya' dan lagu 'Tanah Papua'. 

Pada sambutannya Ketua MKKS SMK wilayah adat Meepago A, Drs. Yustus Paisey, M.M memberikan motivasi awal kepada semua peserta yang hadir dengan membawakan yel-yel SMK yaitu SMK-Bisa, SMK-Hebat, SMK-Bisa, Hebat dan Luar biasa.

"Kalo dulu SMK dilihat sebelah mata tapi sekarang tidak. Satu hal yang saya pesan bagi anak-anak yang mengikuti lomba hari ini. Hari ini menentukan hari esok. Hari ini adalah kesempatan untuk membuat prestasi", ujar Paisey yang juga Kepala SMK Negeri 2 Nabire. 

"UKK adalah icon di SMK, semua siswa harus mengikuti UKK. UKK bisa dilaksanakan ditingkat sekolah atau bisa juga mengundang penguji eksternal. Hari ini dilaksanakan pembukaan secara bersamaan.", lanjut Paisey. 

Siswa-siswi SMK Negeri I - Nabire menampilkan Tarian Tebekancing. (foto:meepago.com/ChWawoh)

Menurut Paisey berbicara LKS ada macam-macam untuk sekarang dimulai dari jurusan TKJ. Mengapa TKJ karena hampir semua sekolah ada jurusan TKJ. "Kami dari MKKS memberikan kesempatan jurusan TKJ memulai lebih dahulu karena hampir semua sekolah dinabire ada jurusan TKJ", tambah paisey. 

Kepala Dinas Pendidikan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua di wakili oleh Pengawas SMK Tingkat Provinsi Papua, Drs.  Nyoman Dana mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan ini sekaligus membuka kegiatan ini. 

Dalam sambutannya Drs. Nyoman Dana mengingatkan kembali peran serta SMK dalam mempersiapkan generasi muda dalam pembangunan. "SMK bertujuan menciptakan lulusan yang BMW, Bekerja - lulusan SMK bisa bekerja dan dengan sertifikat UKK adalah tolak ukur diterima didunia kerja, Melanjutkan - Kuliah dengan melanjutkan ke Perguruan Tinggi, Wirausaha-berwirausaha dengan membuka usaha sendiri", tegas Nyoman Dana.

"SMK di Wilayah adat Meepago A yang terdiri dari Kabupaten Nabire, Kabupaten Dogiyai, Kabupaten Paniai dan Kabupaten Deiyai terdapat 25 SMK yaitu 17 SMK d Nabire, 2 di Dogiyai, 3 di Deiyai dan 3 di Paniai. Semua SMK memiliki potensi untuk bisa meraih prestasi melalui kegiatan UKK, LKS dan debat bahasa yang diselenggarakan hari ini". lanjutnya. 

Selanjutnya Asranlundu Sinaga, S.Pd., M.Pd selaku Sekretaris MKKS SMK dalam arahannya mengingatkan kembali pelaksanaan kegiatan yang akan dilaksanakan sesuai technical meeting yang dilaksanakan tanggal 30 Maret 2022. "Semua peserta lomba, juri dan guru pendamping dapat memperhatikan petunjuk kegiatan yang ada. Untuk lomba LKS TKJ dilaksanakan di Jurusan TKJ, lomba debat bahasa Inggris dilaksanakan di Aula SMKN 1 Nabire, dan lomba debat bahasa Indonesia dilaksanakan di Gedung Perpustakaan SMKN 1 Nabire."

Dalam harapannya Sinaga yang juga menjabat Kepala SMK Negeri 1 Nabire menyatakan, "Wilayah adat Meepago A khususnya Kabupaten Nabire telah menjadi juara umum di LKS tahun 2021. Tahun 2022 ini kita lebih baik lagi sehingga yang juara 1 LKS,  juara 1 Debat Bahasa Inggris dan juara 1 Debat Bahasa Indonesia dari kabupaten Nabire akan berlomba ke Provinsi. Jika menang lagi akan ke Tingkat Nasional"

Tampil sebagai penutup kegiatan penampilan dari siswa - siswi SMK Negeri 1 Nabire mempersembahkan Tarian Papua 'Tumbelo' dan dari Timur 'Tebekancing'. (meepago.com/ChWawoh)