Pelatihan Pemberdayaan Ekonomi Pondok Pesantren pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nabire

Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Papua mengelar kegiatan ‘Pelatihan Pemberdayaan Ekonomi Pondok Pesantren pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nabire’.

Pelatihan Pemberdayaan Ekonomi Pondok Pesantren pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nabire
Pelatihan Pemberdayaan Ekonomi Pondok Pesantren pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nabire, Senin 28 Maret 2022.(Foto:meepago.com/Khairul Umam)

Nabire. Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Papua mengelar kegiatan ‘Pelatihan Pemberdayaan Ekonomi Pondok Pesantren pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nabire’. Kegiatan yang dilaksanakan sejak Senin, 28 Maret 2022 dan akan berakhir pada Jumat, 1 April 2022 ini menghadirkan 25 Peserta yang berasal dari 6 Pondok Pesantren di Kabupaten Nabire. 

Kegiatan ini di laksanakan di Aula Hotel JDF di jalan Semarang Nabire, dibuka langsung oleh Kepala Balai Diklat Keagamaan (BDK) Papua, M. Mochtar Tuhuteru, S. Ag., M. M.

Hadir pula sebagai narasumber Perwakilan dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nabire, Kepala Sub Bagian Tata Usaha - Robert Wopairi, S.Th. Pada kesempatannya, Wopairi membahas materi yang berhubungan dengan Pembangunan Bidang Agama. Turut memberikan materi sejumlah Akademisi diantaranya ST. Marhamah Sabry, S.Ag., M.Ag, dan Widji Lestari, M.PdI. Sedangkan dari kalangan Praktisi Kewirausahaan Ali Rahmat, S,Pi selaku Penyuluh Pertanian di Nabire dan Appipudin, S.Pi sebagai pelaku usaha ‘Pemancingan Pelangi’. 

Kegiatan Pelatihan Pemberdayaan Ekonomi Pondok Pesantren pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nabire bertujuan untuk meningkatkan Pengetahuan dan Pemahaman tentang Peluang dalam meningkatkan ekonomi Pondok Pesantren pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nabire terlebih khusus dalam bidang Beternak lele. 

Pelatihan ini menggunakan Pola In The Job Training (IJT) Pertama, ini dilaksanakan selama 6 hari (28 Maret 2022 – 1 April 2022) akan dilanjutkan dengan On The Job Training (OJT) yang akan dilaksanakan pada 2 April – 23 April 2022 serta nanti akan di lanjutkan dengan In The Job Training (IJT) Kedua pada 25 – 27 April 2022 dilakukan secara Online.  

Kepada Meepago.com, Khairul Umam salah seorang peserta dari Ponpes Daarul Fikri Bumi Wonorejo Nabire, menyampaikan pengalamannya mengikuti kegiatan ini, “Saya sangat senang dengan pelatihan ini. Ini hal yang baru. Saya siap belajar dan akan mempraktekkan apa yang saya peroleh melalui pelatihan kewirausahaan ini di pondok pesantren kami”. Ujar pria pemilik usaha Pangkas Rambut “ Umam Matyn” yang berlokasi di Bumi Wonorejo Nabire. 

Menurut Umam, pelatihan-pelatihan yang di selenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nabire telah memberikan banyak kontribusi bagi dirinya,”Saya sudah 2 kali mengikuti kegiatan yang di selenggarakan oleh Kemenag Nabire. Yang pertama Diklat Manajemen Pondok Pesantren dan yang kedua adalah pelatihan Kewirausahaan ini”, ujar Umam yang juga merupakan Guru pembimbing dan Guru Pembina Pondok Pesantren Daarul Fikri . 

Pada kesempatan akhir Umam menuturkan harapannya melalui kegiatan diklat ini. “Harapan saya mengikuti kegiatan ini mudah-mudahan anak santri yang belajar di pondok pesantren tidak hanya membantu pemerintah di bidang  ilmu dan pengetahuan, melainkan bisa ikut serta peduli terhadap  ekonomi masyarakat agar bisa mandiri dan mengembangkan SDM di dalam lingkungan pesantren”. (meepago.com/ChWawoh)