Palapa Ring Timur : Pemasangan Pipa Kabel Fiber Optic di Wilayah Nabire Kembali Di Mulai.

PT. Telkom Indonesia melalui PT. Transdata Satkomindo kembali melakukan instalasi Pipa Fiber Optic di Kabupaten Nabire.

Palapa Ring Timur : Pemasangan Pipa Kabel Fiber Optic di Wilayah Nabire Kembali Di Mulai.
Penampakan Gardu Induk Proyek Palapa Ring Timur Noc Nabire. (Foto: meepago.com/ChWawoh)

Nabire. PT. Telkom Indonesia melalui PT. Transdata Satkomindo kembali melakukan instalasi Pipa Fiber Optic di Kabupaten Nabire. Kegiatan tersebut dimulai Sabtu, 26 Maret 2022 dengan titik awal pengerjaan dari Gardu Induk di lorong ke arah pantai di Putaran Satu Kalibobo. Pemasangan dilakukan oleh Tim Kerja dari PT. Transdata Satkomindo  dibawah koordinasi Dinas PUPR Kabupaten Nabire. 

Pengerjaan Instalasi Kabel Fiber Optic Palapa Ring Timur Noc Nabire. (Foto:Istimewa/yana)

Ketika dijumpai di jalan Christina Martha Tiahahu Kalibobo dekat putaran Satu kepada Meepago.com, Minggu 27 Maret 2022 pukul 17.00 WIT, Yahya Rumawi, S.T staf Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Nabire yang bertugas mengawasi jalannya proyek ini, menjelaskan bahwa pengawasan dilakukan supaya berjalan sesuai standar yang ada. “Kedalaman paket minimal 50 cm, kadang dalam beberapa proyek yang ada, pekerja tidak memasang sesuai standar yang ada sehingga terkendala waktu proses pelebaran jalan oleh dinas PU, saat eksavator melakukan pengalian paketnya nyangkut karena kedalaman tidak sesuai ”, ujar pria jebolan Universitas Satya Wiyata Mandala Nabire. 

Rumawi menegaskan kehadirannya disini (dalam pengawasan proyek), tugasnya banyak yaitu untuk jalan, keamanan orang kerja kemudian koordinasi dengan pihak-pihak yang punya pekarangan didepan dan pihak gereja. “Sekarang menjelang Paskah gereja lagi memasang atribut salib, kalo ada yang komplain dari gereja kita yang dari pemerintah daerah yang bertanggungjawab”, 

Kepada Meepago.com, koordinator lapangan dari PT. Transdata Satkomindo, Mas Yana mengatakan pemasangan pipa kabel fiber optic ini sudah memasuki hari yang kedua dari tiga minggu yang direncanakan, “kami sudah memulai kemarin 26 Maret 2022 dan lama pengerjaan sekitar tiga minggu hari efektif, direncanakan sebelum lebaran sudah selesai. Tapi bila ada kendala ya pasti akan mundur waktunya. Semoga tidak ada kendala dalam proses pemasangan instalasi ini”, ujar pria asal Jakarta ini. 

Pengerjaan Instalasi Kabel Fiber Optic Palapa Ring Timur Noc Nabire. (Foto:Istimewa/yana)

Menurut Yana selaku PIC, Tim Kerja lapangan semua adalah tenaga kontrak. “Kami semuanya ada 12 orang dari Jawa semua dan kami akan ada di Nabire sekitar tiga minggu untuk mengerjakan instalasi kabel FO ini”. Ketika ditanya jam operasional kerja Yana menambahkan “Kami kan sistem borong jadi kami mulai kerja jam 6 pagi sampai jam 6 menjelang maghrib. Jika ada titik tanggung semisal depan jalan masuk pekarangan atau perkantoran maka kami lewati”

Ketika ditanya apakah ada kendala dilapangan, “Alhamdulilah belum, jangan sampailah pak”, ujar pria yang sudah tiga kali menjejakkan kaki di kota Nabire. “Saya sudah tiga kali ke Nabire, pertama untuk survei, kedua untuk pengurusan perijinan di PU dan sekarang proses instalasi”.

Menurut Nurdin selaku kepala rombongan menuturkan rencana pengerjaan timnya. “Setelah pengerjaan di Nabire selesai, tim akan kembali ke Jakarta untuk lebaran dan akan melanjutkan pengerjaan di Serui”. Sementara itu beberapa warga Kalibobo menyambut gembira proses pemasangan Kabel Fiber Optic yang sedang berlangsung. “Kami berharap kedepan bisa menikmati layanan Internet yang lebih baik”, tutur Usman Murib salah seorang siswa dari salah satu sekolah vokasi swasta di Kalibobo.  

Pelaksanaan pemasangan Pipa Fiber Optic ini merupakan bagian dari proyek Palapa Ring Timur (PRT) - Papua yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi melalui proyek pemasangan Kabel Laut Telkom untuk memberikan layanan Internet bagi masyarakat Indonesia sampai ke Papua. (meepago.com/ChWawoh).