Lomba LKS bidang IT Network Administration System Wilayah Adat Meepago A Tahun 2022.

Kegiatan Lomba Ketrampilan Siswa (LKS) bidang IT Network Administration System di Wilayah Adat Meepago A telah dilaksanakan di Aula SMK Negeri 1 Nabire oleh Kepala Dinas Pendidikan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua yang diwakili oleh Pengawas SMK Tingkat Provinsi Papua, Drs. Nyoman Dana pada Jumat, 1 April 2022 pukul 09.30 WIT.

Lomba LKS bidang IT Network Administration System Wilayah Adat Meepago A Tahun 2022.
Juara LKS Bidang IT Network Administration Systems berfoto dengan Pengawas SMK Tingkat Provinsi Drs. Nyoman Dana, Jumat 01 April 2022. (Foto:Istimewa/ChWawoh)

Nabire. Kegiatan Lomba Ketrampilan Siswa (LKS) bidang IT Network Administration System di Wilayah Adat Meepago A telah dilaksanakan di Aula SMK Negeri 1 Nabire oleh Kepala Dinas Pendidikan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua yang diwakili oleh Pengawas SMK Tingkat Provinsi Papua, Drs. Nyoman Dana pada Jumat, 1 April 2022 pukul 09.30 WIT. Dalam kegiatan pembukaan dilaksanakan secara serempak pembukaan kegiatan Uji Kompetensi Keahlian (UKK), dan Debat Bahasa Indonesia dan Debat Bahasa Inggris. 

Menurut Drs.Yustus Paisey, M.M selaku Ketua MKKS SMK Wilayah Adat Meepago A dalam sambutannya pada kegiatan pembukaan menyatakan bahwa LKS ada macam-macam dan untuk sekarang dimulai dari jurusan TKJ. Mengapa TKJ karena hampir semua sekolah ada jurusan TKJ. "Kami dari MKKS memberikan kesempatan jurusan TKJ memulai lebih dahulu karena hampir semua sekolah dinabire ada jurusan TKJ", tutur Paisey. 

Dari pantauan Meepago.com kegiatan Lomba Ketrampilan Siswa (LKS) bidang IT Network Administration System Wilayah Adat Meepago A dilangsungkan di Laboratorium Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) SMK Negeri 1 Nabire dimulai pukul 10.00 dan berakhir jam 15.00 WIT

Menurut Ignatius Endar N., S.Si.,M.T, selaku Ketua Jurusan TKJ SMK Negeri 1 Nabire menuturkan peserta lomba ada 4 orang, “Kegiatan LKS diikuti oleh 4 SMK yaitu SMK Negeri 1 Nabire, SMK Negeri 2 Nabire, SMK Pongtiku Nabire dan SMK Al Madina Nabire. Sedang Dua SMK lainnya yaitu SMK Negeri 3, dan SMK Petra berhalangan”. Ujar Endar. 

“Adapun materi yang diujikan yaitu sesuai dengan kesepakatan Dewan Penguji dan Guru Pendamping berdasarkan kisi-kisi 2019-2020 yaitu Linux Environtment, Windows Environtment, dan Cisco. Pada lomba kali ini hanya mengujikan 1 saja yaitu Linux Environtment yaitu Membangun Server menggunakan Debian karena kurangnya waktu”, tambah Endar.  

Tampil sebagai Tim Penguji yaitu Felix Asandi, S.T dari PT. Master Sistem Infotama (PT. MSI) Nabire, mewakili Penguji Dari Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), Niko Randra, S.T., M.T, mewakili Akademisi dari Universitas Satya Wiyata Mandala (USWIM) Nabire dan Chrisian Paul Sabandar, S.T., M.Si., mewakili Pemerintah Kabupaten Nabire dari ADB Dinas Catatan Sipil Nabire

Hasil akhir Juara bidang IT Netwotk Administration System di Wilayah Adat Meepago A yaitu Juara 1 dari SMK Negeri 1 Nabire, Juara 2 dari SMK Al Madina Nabire, Juara 3 dari SMK Pongtiku dan juara 4 dari SMK Negeri 2 Nabire.(meepago.com/ChWawoh)