Lomba Debat Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris (English Debating) Tingkat SMK se-Wilayah Adat Meepago A Tahun 2022.

Lomba Debat Bahasa Indonesia dan Debat Bahasa Inggris Tingkat SMK Sewilayah Adat Meepago A dilaksanakan di SMK Negeri 1 Nabire pada Jumat, 1 April 2022.

Lomba Debat Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris (English Debating) Tingkat SMK se-Wilayah Adat Meepago A Tahun 2022.
Juara 1-3 lomba debat bahasa Inggris berfoto dengan Dewan Juri, Jumar 01 April 2022. (Foto:Istimewa/ChWawoh)

Nabire. Lomba Debat Bahasa Indonesia dan Debat Bahasa Inggris Tingkat SMK Sewilayah Adat Meepago A telah dilaksanakan di SMK Negeri 1 Nabire pada Jumat, 1 April 2022. Pelaksanaan lomba diawali dengan pembukaan oleh Kepala Dinas Pendidikan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua yang diwakili oleh Pengawas SMK Tingkat Provinsi Papua, Drs. Nyoman Dana.

Menurut Asranlundu Sinaga, S.Pd. M.Pd., selaku Sekretaris MKKS SMK Wilayah Adat Meepago A dalam arahannya menyatakan bahwa pada bulan Bahasa yaitu bulan Oktober akan dilaksanakan Lomba Debat Bahasa tingkat SMK versus SMA. “Kami dari MKKS SMK akan mengelar lomba debat bahasa tingkat SMK versus SMK dalam memperingati bulan Bahasa pada bulan Oktober yang akan datang. Dan kami SMK Negeri 1 Nabire siap menjadi tuan rumah pelaksanaan Lomba Debat Bahasa tingkat SMK dan SMA", tutur Sinaga. 

Pelaksanaan Debat Bahasa Inggris (English Debating) di Aula SMK Negeri 1 - Nabire, Jumat 01 April 2022. (Foto:Istimewa/ChWawoh).

Dari pantauan Meepago.com kegiatan Lomba Debat Bahasa Inggris dilangsungkan di Aula SMK Negeri 1 Nabire sedangkan Debat Bahasa Indonesia di Perpustakaan SMK Negeri 1 Nabire. 

Kegiatan Debat Bahasa Indonesia diikuti oleh peserta dari SMKN 1 Nabire, SMKN 2 Nabire,  SMKN 4 Nabire, SMK Pongtiku, SMK Kristen Anak Panah Nabire, SMK Petra Nabire, SMK Kesehatan Macida, SMK  Asy Syafi'iyah, SMK Al Madinah dan SMK Menara Ilmu.

Adapun Tim Juri dalam Debat Bahasa Indonesia adalah Suwarsi, S.Pd., M.Pd (SMA Negeri 1 Nabire), Supardi, S.Pd., M.Pd (SMA Negeri 3 Nabire) dan Diana Dwi Harjanti, S.Pd (SMA Adi Luhur Nabire).

Untuk Debat Bahasa Indonesia beberapa topik yang diangkat yaitu: 
1. Pengaruh pandemi COVID 19 terhadap pembelajaran di sekolah 
2. Pembelajaran daring di masa pandemi COVID 19
3. Pemberian vaksin COVID 19 kepada masyarakat
4. Pengaruh media sosial bagi pelajar
5. Pengaruh kelangkaan minyak goreng terhadap Usaha kuliner
6. Kenaikan harga BBM (bahan bakar minyak)
7. Larangan membawa HP bagi pelajar di sekolah
8. Pendidikan kesehatan reproduksi bagi remaja

Pelaksanaan Debat Bahasa Indonesia di Aula SMK Negeri I - Nabire, JUmat 01 April 2022. (Foto:Istimewa/ChWawoh).

Berdasarkan penilaian yang dilakukan Tim Juri dari perolehan nilai yang ada maka Juara 1 SMKN 1 Nabire, Juara 2 SMK Menara Ilmu dan Juara 3 SMK Kesehatan Macida.

Untuk Debat Bahasa Inggris (English Debating), diikuti oleh peserta dari SMK Negeri 1 Nabire, SMK Negeri 2 Nabire, SMK Negeri 4 Nabire, SMK Kristen Anak Panah Nabire, SMK Pongtiku dan SMK Asy Syafi'iyah. 

Dewan Juri terdiri dari (1st Adjudicator) Mam Ester Kadjang, S.Pd., (2nd Adjudicator) Mam Matilda, S.Pd. dan Mam Wa Ode (3rd Adjudicator).

Materi debat yaitu Pro Kontra Penggunaan Vaksin Covid-19 dan pelaksanaan Kelas Online semasa Pandemi. 

Dari hasil penilaian akhir dari sebagai juara 1 - SMK Negeri 1 Nabire, juara 2 - SMK Negeri 2 Nabire dan juara 3 - SMK Kristen Anak Panah Nabire.(meepago.com/ChWawoh)