Bupati Nabire Mesak Magai,S.Sos.,M.Si Hadiri Grand Opening dan Resmikan Klinik Utama Alfa Benedik Jaya

Bertempat di lokasi Klinik Alfa Benedik Jaya di Jalan Manado No. 3, Kalisusu, Kabupaten Nabire, Papua. dilaksanakan Grand Opening Pembukaan Klinik Utama Alfa Benedik Jaya, Senin, 18 April 2022 dimulai pukul 16.45 WIT

Bupati Nabire Mesak Magai,S.Sos.,M.Si Hadiri Grand Opening  dan Resmikan Klinik Utama Alfa Benedik Jaya
Bupati Nabire Mesak Magai, S.Sos.,M.Si Hadiri Grand Opening dan Resmikan Klinik Utama Alfa Benedik Jaya, Senin 18 April 2022. (Foto:meepago.com/ChWawoh)

Nabire. Bertempat di lokasi Klinik Alfa Benedik Jaya di Jalan Manado No. 3, Kalisusu, Kabupaten Nabire, Papua. dilaksanakan Grand Opening Pembukaan Klinik Utama Alfa Benedik Jaya, Senin, 18 April 2022 dimulai pukul 16.45 WIT

Nampak hadir dalam acara Grand Opening tersebut Bupati Nabire, Mesak Magai, S.Sos., M.Si, Sekda Nabire Herman Kayame, ST., MT., dan sejumlah anggota Forkopimda Nabire, Kadis Kesehatan Kabupaten Nabire, Direktur RSUD Nabire dan  rombongan, Kepala BPJS Kab. Nabire, sejumlah Dokter, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Mitra Kerja dan sejumlah undangan. 

Acara diawali dengan doa bersama oleh Pdt. Johanes Topurtawi. Dilanjutkan dengan penampilan Tarian Papua yang dibawakan oleh Muda Mudi dari Sanggar Avatar. 

Mengawali sambutannya Pemilik Klinik Utama Alfa Benedik Jaya, Yenice  Derek, AMd, AK., S.T., M.Kes mengajak semua hadirin untuk memanjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yesus oleh sebab kebaikan dan perkenaan-Nya kita semua boleh ada dalam keadaan yang sehat dan baik.

Menurut Yeni Derek., Pembangunan bidang kesehatan harus didukung sumber daya yang berkompeten dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan prima bagi masyarakat. Hal ini sesuai dengan amanat Undang-undang nomor 29 tahun 2009 tentang praktek kedokteran dan Undang-undang nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan yang memberikan persyaratan standar terhadap kompetensi tenaga kesehatan. Persyaratan sarana prasarana dan sekaligus upaya peningkatan kualitas dan kuantitas pelayanan kesehatan. “Peran serta dalam mencapai peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat tidak hanya pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, akan tetapi didukung juga oleh sektor swasta. Maupun masyarakat itu sendiri. Oleh karena itu melalui upaya terpadu bidang kesehatan ini, maka akan bertumbuh kemampuan daya saing yang bersinergi yang mempercepat pencapaian derajat kesehatan masyarakat Nabire yang tinggi” . 

Bupati Nabire Mesak Magai,S.Sos., M.Si berfoto bersama managemen Klinik Utama Alfa Benedik setelah dilakukan acara Grand Openig, Senin 18 April 2022. (Foto:Meepago.com/ChWawoh).

Pembukaan Klinik Utama Alfa Benedik Jaya ini diharapkan dapat berkontribusi memberikan peningkatan akses layanan kesehatan terhadap masyarakat Kabupaten Nabire, sekaligus menjadi mitra kerja dan jejaring pelayanan kesehatan, khususnya sarana kesehatan dan rumah sakit yang ada di Kabupaten Nabire. 

Menurut Yeni Derek, Kunci utama pengelolaan Klinik Utama Alfa Benedik Jaya terletak pada sumber daya yang terampil, baik dalam manajemen pelayanan kesehatan.Manajemen administrasi juga strategi bisnis yang dituntut kian berkembang maju. Seiringan tantangan yang harus dihadapi oleh tenaga kesehatan. Khususnya isu -su global tentang masalah penyakit, kondisi moneter dan kebijakan pemerintah bidang kesehatan, permasalahan jaminan kesehatan bagi masyarakat serta kondisi klasik minimnya kompetensi sumber daya manusia, sarana dan prasarana kesehatan. 

Dalam harapannya Yeni Derek, menambahkan bahwa pembukaan dan dengan mulai beroperasinya Klinik Utama Alfa Benedik Jaya yang didukung instrumen kesehatan berupa infrastruktur berkualitas serta sesuai standar peralatan medis yang direkomendasikan oleh Kemenkes serta tenaga medis yang ahli di bidangnya masing-masing, “diharapkan dapat semakin meningkatkan mutu dan kualitas layanan kesehatan kepada masyarakat di Kabupaten Nabire. Kehadiran Klinik Utama Alfa Benedik Jaya merupakan momentum bagi peningkatan kemitraan pelayanan kesehatan yang berkualitas terhadap peningkatan derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Nabire”, pungkas Yeni.  

Dalam sambutannya Bupati Nabire, Mesak Magai, S.Sos., M.Si., atas nama seluruh masyarakat Nabire mengucapkan banyak terima kasih kepada Pimpinan dan Manajemen Klinik Utama Alfa Benedik Jaya. Klinik yang berdiri dimasa pandemi dan menjadi aset Kabupaten Nabire. Kabupaten Nabire berada pada titik sentral kawasan Papua Tengah. Mudah-mudahan ke depan ibukota Provinsi berdiri disini. “Klinik ini berada di Nabire dan Kabupaten Nabire merupakan titik sentral kawasan Papua Tengah. Mudah-mudahan ibukota provinsi berdiri disini”, ungkap Magai. 

Beberapa hal yang menjadi perhatian Bupati Nabire diantaranya terkait adanya sorotan dari berbagai pihak mengenai pelayanan rumah sakit di Nabire, terkait hal tersebut Bupati mengajak semua pihak untuk saling mendukung membantu pelayanan masyarakat. “Ada  lembaga eksekutif, legislatif dan swasta pun selalu berperan untuk membangun Kabupaten Nabire. Semua akan berkarya untuk pelayanan publik.” bagi para ASN dokter dan tenaga medis yang bekerja di klinik (tidak hanya diklinik ini), untuk dapat mengedepankan pelayanan dan panggilan utama. Mengenal panggilan itu penting. Karena ada jam dinas bagi pegawai negeri dengan mengutamakan pelayanan di rumah sakit dan puskesmas dimana saja ditugaskan. ASN dokter dan tenaga medis harus mengutamakan panggilan pertama itu untuk melayani publik”, tegas Magai.

Setelah sambutan dilakukan Penandatangan Prasasti dan pengguntingan pita oleh Bupati Nabire, Mesak Magai, S.Sos., M.Si disaksikan Yeni Derek serta pejabat yang hadir. Acara dilanjutkan dengan peninjauan fasilitas klinik oleh Bupati serta sejumlah hadirin yang ingin melihat langsung kelengkapan fasilitas klinik. 

Sebelum acara berakhir dilakukan prosesi pelepasan Balon Udara oleh Bupati Nabire dan Pemilik Klinik Utama Alfa Benedik Jaya sebagai simbol harapan akan pelayanan yang menjadi jawaban bagi banyak orang yang membutuhkan. 

Klinik Utama Alfa Benedik Jaya Nabire memiliki moto : “ANDA SEHAT, KEBAHAGIAAN KAMI”. Klinik ini hadir sebagai bentuk kontribusi tersedianya layanan fasilitas kesehatan yang lengkap diantaranya Pelayanan Dokter Umum, Dokter Spesiali Kandungan, Dokter Gigi, Dokter Spesialis Patologi dan tenaga kesehatan lainnya. Klinik dilengkapi dengan lounge area, cafe shop, parkir area, Laboratorium PCR dengan tenaga ahli, peralatan USG 2D-4D, alat bantu persalinan dan sejumlah fasilitas lainnya. (meepago.com/ChWawoh).