Aziz Samsyudin Mundur dari Pimpinan DPR, Golkar Cari Pengganti

Aziz Samsyudin Mundur dari Pimpinan DPR, Golkar Cari Pengganti

Aziz Samsyudin Mundur dari Pimpinan DPR, Golkar Cari Pengganti
Asis Samsyudin dengan tangan terborgol dan mengenakan rompi oranye di giring petugas KPK.(foto:Liputan6.com/Faizal Fanani)

Jakarta. Azis Syamsuddin akhirnya ajukan pengunduran diri kepada Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dari posisinya sebagai Wakil Ketua DPR RI. Hal ini berkaitan dengan status tersangka Azis di KPK.

"Partai Golkar dengan ini memberitahukan bahwa Saudara Azis Syamsuddin telah menyampaikan surat pengunduran dirinya sebagai Wakil Ketua DPR RI periode 2019-2024," ujar Ketua DPP Partai Golkar Adies Kadir saat konferensi pers, Sabtu (25/9/2021).

Golkar akan mengambil langkah sesuai dengan UU MD3 Pasal 87 ayat (1) dan ayat (2) terkait pengunduran diri pimpinan DPR. Adies mengatakan, Golkar akan segera memproses untuk mencari pengganti Azis dalam waktu dekat.

"Terkait dengan penggantinya, Partai Golkar akan memproses dalam waktu dekat," ujarnya. seperti dikutip dari liputan6.com

Lembaga Anti Rasuah, Komisi Pemberantasan Korupsi akhirnya menetapkan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin  sebagai tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi. Azis mengenakan rompi oranye saat Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri memberikan keterangan pers di Gedung KPK, Sabtu (25/9/2021).

Sebelumnya KPK melakukan upaya penjemputan paksa Azis yang mangkir dalam panggilan pemeriksaan sebagai tersangka. Azis ditahan 20 hari ke depan untuk kebutuhan penyidikan. Wakil Ketua DPR periode 2019-2024 ini terjerat kasus dugaan pemberian atau janji dalam penanganan perkara korupsi yang ditangani KPK di Kabupaten Lampung Tengah.(meepago.com/dwnoeg)